Senin, 04 Oktober 2010

Kuliah II Sosiologi Agama

KULIAH SOSIOLOGI AGAMA II

PENDEKATAN KLASIK TENTANG AGAMA

TEORI EVOLUSI, DIFUSI DAN STUDI MAGIS

TEORI EVOLUSI DAN DIFUSI  : EDWARD BURNETT TYLLOR (1832-1917)
u  Seorang Inggris – belajar sendiri tanpa universitas
u  Sampai pd Teori ttg Animisme yg memegang peranan kunci dlm memahami asal usul agama
u  Kaitan dg Frazer yaitu sbg guru dan murid
u  Keduanya erat terkait :
                - Tyllor – pemikiranya orisinal dan
                - Frazer –  ketenaran dan pengaruhnya  besar
u  Perhatian utama bukan agama ttp budaya manusia dan organisasi sosial
u  Melakukan studi budaya-2 asing dg memperhatikan kebiasaan dan kepercayaan orang yg dilihat
u  Th 1871 menerbitkan Primitive culture
u  Sbg karya besar & studi ttg peradaban manusia, disebut juga :
           “virtual bibel”
PRIMITIVE CULTURE
u  Mempelajari kebudayaan dalam segala bagian komponennya (perbuatan, kebiasaan ide-ide & adat istiadat) – disebut ETNOLOGI
u  Mengumpulkan Fakta-2, Mengklasifikasi membandingkan fakta-2 tsbt, meneliti prinsip-2 dasar untuk menjelaskan apa yg telah ditemukan
u  Etnologi --à observasi
u  Ada 2 prinsip besar dalam melihat asal usul agama :
                1. Prinsip kesatuan / keseragaman jiwa dlm bangsa manusia
                2. Pola evolusi / perbaikan      intelektual yg melintas batas  waktu
Tentang Kesatuan Jiwa
u  Banyak hal dilakukan & dikatakan oleh manusia pd wkt & tempat berbeda betul-betul serupa satu sama lain
u  Mungkin benar kesamaan tsbt berasal dari DIFUSI (penyebaran ide-ide dr satu suku ke suku yg lain)
u  Atau suku yg berbeda-beda menemukan ide-ide yg sama & mendapatkan adat kebiasaan yg sama scr sendiri-sendiri
Dg kata lain :
1.        Persamaan itu tdk bersifat kebetulan –merupakan kesamaan yg fundamental dr jiwa manusia
                - Tyllor berpendapat : “semua makhluk manusia pd esensinya sama terutama menyangkut
                kapasitas mental yg dasar”      
                - merupakan rasionlitas universal yg tunggal

Ttg Evolusi
2. Jika terdapat perbedaan krn    masyarakat yg satu lebih tinggi & yg lain lebih rendah
                - tingkat-2 perkembangan dpt ditemukan dimanapun
- setiap generasi belajar dr generasi sebelumnya
- pola sosial & perkembangan     intelektual dpt ditelusuri mll   sejarah manusia

u  Sejarah perkembangan manusia (evolusi) dr orang-orang biadab yg berburu & mengumpulkan makanan - melewati kebudayaan kuno – abad pertengahan dg pertanian – hingga era modern, yg berdasar perdagang, sains, & industri
                               
Teori Evolusi & Difusi ttg Agama
u  Masyarakat primitif memiliki berbagai variasi kepercayaan & kebiasaan.
u  Kepercayaan terhadap roh ini betapa luas di dlm abad-abad awal peradaban manusia
u  Digambarkan sbg sistem yg menyebar di seluruh dunia. (Difusi)

Evolusi Agama
u  Pertama-tama, orang berfikir ttg roh-roh individu yg kecil & khusus, terkait dg pohon, sungai, atau binatang.
u  Kemudian kekuatan mereka mulai meluas. Secara perlahan-lahan dalam pemikiran suku roh pohon tumbuh kuat menjadi roh seluruh pohon atau hutan,
u  Secara terus menerus terpisah dr objek yg dikuasai dan selanjutnya menuntut identitas dan karakterstik diri……. Menjadi dewi/dewa hutan yg berubah bentuk menjadi kuat
u  Demikian dengan roh-roh yg lain, hingga muncul banyak dewa/dewi
u  Akhirnya tumbuh sbg animisme -politeis
u  Sistem politeis yg kompleks semacam itu merupakan kekhassan zaman barbar
u  Mereka baru mencapai bentuk yg paling tinggi ketika diatur sedemikian rupa sehingga suatu dewa, suatu wujud yg trtinggi, berada dipuncak masyarakat dewa
u  Secara perlahan-lahan, dg jalan yg berbed-beda, kebanyakan peradaban bergerak menuju tahap animisme yg terakhir & paling tinggi – kepercayaan pd suatu tuhan yg tertinggi

STUDI MAGIS JAMES GEORGE FRAZER (1854-1941)
u  Mengembangkan teori animistik yg kuat menurut versinya sendiri
u  Karya pokoknya : The Golden Bough
u  Awal hidupnya berpendirian sbg seorang ateis atau setidaknya agnostis
u  Baginya agama merupakan kepentingan & bukan merupakan kepercayaan

The Golden Bough
u  Ttg asal usul & sifat agama
u  Ditelaah mll ceritera rakyat, legenda & praktik sebagian besar orang primitif
u  The Golden Bough (dahan emas), pohon suci yang tumbuh di hutan – sebuah pohon oak dg sebuah dahan kuning yg khas / dahan emas

MAGI
u  Fakta perjuangan untuk hidup
u  Para pemburu membutuhkan binatng untuk dibunuh, para petani membutuhkan matahari dan hujan untuk panen
u  Ketika keadaan alam tdk mengakomodasi kebutuhan ini orang-orang primitif, krn mampu berfikir, memakai segala usaha yg mereka bisa untuk memahami dunia dan  merubahnya
u  Usaha yg paling utama mengambil bentuk MAGI
u  Magi : pemberdayaan hal-hal yg bersifat rasional untuk hal-hal yg bersifat irrasional
u  Hukum Magi :     a. Magi Imitatif
                                          b. Magi Menular/kontak
u  Magi Imitatif : menghubungkan benda-benda atas dasar prinsip kesamaan (air dr saringan = air hujan)
u  Magi Menular : magi kontak yg berhubungan atas dasar prinsip pelekatan (attachment) serupa mempengaruhi yg serupa (seorang tukang sihir memasukkan peniti ke hati sebuah boneka yg dihiasi kuku jari dan rambut musuhnya, maka dg kontak transmisi yg menular dpt menyebabkan kematian korbannya)

AGAMA
u  Jalan yg sangat berbeda dr magi
u  Agama sbg kepercayaan thd makhluk spiritual
u  Hal yg menarik dr agama adl penolakan agama pd prinsip-prinsip  magi
u  Kekuatan riil bukanlah prinsip ttp pribadi-pribadi–makhluk supernatural yg disebut dewa-dewa
u  Agama adl pemberdayaan hal-hal yg sifatnya irrasional untuk hal-hal yg rasional
u  Orang-orang beragama biasanya mll doa & permohonan dan bukan dg magi Untuk menguasai dan merubah alam
u  Di mana ada kepercayaan pd makhluk supernatural & ada usaha untuk mendaptkan bantuan mll doa/ritual, maka pemikiran manusia telah keluar dari magi dan masuk dlm agama
u  Peralihan ke agama harus dibaca sbg  tanda kemajuan intelektual manusia
u  Alasannya – penjelasan agama lebih baik dr penjelasan magi

Kesimpulan
u  Kemanfaatan ilmiah Teori Frazer ttg asal usul agama
u  Pemujaan thd dewa sbg usaha manusia paling awal untuk menjelaskan dunia-didorong oleh keinginan manusia untuk menguasai kekuatan alam
u  Magi adl usaha yg pertama dan ia gagal
u  Ketika magi menurun, kepercayaan thd dewa muncul.
u  Agama menaruh harapannya pd doa & permohonan. Ttp pd akhirnya, agama jg dirasa kurang, klimnya ttg dewa dianggap tdk lebih benar dr magi
u  Sbgmn zaman magi digantikan oleh agama, begitu pulalah era kepercayaan pd par dewa (1 or banyak) hrs menyerah pd pemikiran manusia – zaman sains

ANALISIS
1. Sains dan Antropologi Tyllor n Frazer dipandang sbg teoritisi agama yg ilmiah ( kumpulan fakta)
2. Evolusi n Asal-usul menjelaskan agama adl dg menemukan bgm agama bermula
3. Intelektualisme n Individualisme agama berasal dr pikiran seseorang

KRITIK
  1. Metode Antropologis Tyllor n Frazer kurang memandang konteks sosial yg asli dr data-data agamanya
2. Evolusionisme  Bukti ttg evolusi agama tdk selamanya dlm perkembangan spt teori tsbt
3. Yg individual n yg sosial benarkah perilaku agama muncul krn  didorong oleh intelektual?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar